TRAINING FOR TRAINER

TRAINING FOR TRAINER
Batch ke-10
Kiat Menjadi Fasilitator Pelatihan Yang Handal
5-6 Juli 2010 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib

Peserta akan mendapatkan:

1. Materi pelatihan yang telah dirancang untuk meningkatkan kompetensi trainer dengan efektif
2. DVD rekaman peserta selama latihan presentasi
3. Buku “Ice Breaker” berbagai jenis permainan / games selama training
4. CD berisi video-video menarik untuk kebutuhan energizer di kelas
5. Sertifikat kepesertaan mengikuti workshop Training For Trainer

Registrasi:
HP 0812.802.8352 ( Rina), HP 0812.9766.822 (Tohap)
http://www.serviceleadership.web.id
e-mail: info@serviceleadership.web.id

Tujuan Pelatihan

Dengan mengikuti pelatihan TRAINING FOR TRAINER, Anda diharapkan mampu memahami :

1. Peran trainer sebagai Fasilitator
2. Cara Kerja Otak yang mempengaruhi proses pembelajaran
3. Karakteristik Orang Dewasa sebagai peserta pelatihan
4. Cara Mengatasi Rasa Gugup ketika membuka sesi dan selama pelatihan
5. Tehnik mengelola Bahasa Tubuh dan Suara selama mengajar
6. Prinsip-prinsip mengelola Lingkungan Pelatihan (layout ruangan, ambiance, dll)
7. Cara Memaksimalkan Alat Audio Visual untuk memperkuat proses pembelajaran (Power Point & Flipchart dll)
8. Tehnik Bertanya untuk merangsang proses berpikir dan membangun partisipasi
9. Fungsi Ice Breaker, Energizer, Musik, untuk menarik perhatian peserta dan Mempertahankan Mood Belajar
10. Tehnik Bercerita secara efektif untuk memperkuat poin pembelajaran
11. Mempertahankan Pola Pikir Positif dan Kreatifitas dalam menangani peserta sulit

Metode Pelatihan
* Presentasi
• Diskusi Interaktif
• Praktek (Role Play)
• Sesi Umpan Balik (Feed Back)

Materi Hari Pertama, 5 Juli 2010

09.00 : A. Memahami Peserta Anda
* Prinsip pembelajaran orang dewasa
* Whole Brain Approach: Reptil, Sistem Limbik & Neokorteks
* Preferensi belajar: Auditory, Visual, Kinestetik
* 8 Prinsip pembelajaran kreatif

B. Membangun Kredibilitas Trainer
* Personal Conduct
* Social Practice
* Content Expertise
* 14 hal yang harus diingat trainer

10.30 : Rehat kopi

10.45 : Bahasa Tubuh & Kualitas Suara
* Posture, Gesture, Ekspresi Wajah
* Energi, Volume, Artikulasi, Kecepatan, Intonasi
* Role Play

12.15: ISHOMA

13.00 : Keterampilan Memfasilitasi
* Merancang “run-down” training
* Beberapa tehnik mengatasi rasa gugup
* 10 Tips untuk pembukaan training yang efektif
* Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam tampilan Power Point materi presentasi
* Mengoptimalkan Flipchart selama pelatihan

15.15 : Rehat kopi

15.40 : Praktek (video-recorded)

Dalam sesi ini peserta akan membawakan presentasi dari modul pelatihan di hari pertama. Setiap peserta akan direkam (video-recorded) dan diberikan evaluasi umpan balik

17.00 : Penutupan

Materi Hari Kedua, 6 Juli 2010

09.00: Tehnik Mengajukan Pertanyaan
* 5 Ciri pertanyaan yang baik
* Contoh Pertanyaan Terbuka,Tertutup, Konvergen,Divergen dan Evaluatif

10.30 : Tehnik Membangun Mood Peserta
* Panduan memilih Ice breaker, Energizer, Musik.

Role Play/ Praktek

12.00 : ISHOMA

13.00 Menangani Peserta Sulit
* Bagaimana menghadapi peserta :“tidak nyambung”, pemonopoli, argumentatif, pengeluh, pendiam, bosan
* Mengantisipasi kejadian tidak terduga : peralatan elektronik, cuaca, keamanan
* Kiat menutup sesi dengan menarik

15.15 Rehat kopi

15.30 Praktek ( video-recorded)

Dalam sesi ini peserta akan membawakan presentasi dari modul pelatihan di hari pertama dan kedua. Setiap peserta akan direkam dalam video dan diberikan laporan evaluasi umpan balik

17.00 Penutupan

Fasilitator

Sondang P Rumapea, SE, MSi

Sondang P. Rumapea adalah Profesional Trainer khusus untuk materi Tehnik Mengajar, Komunikasi serta Service Excellence. Sebelumnya Sondang adalah Total Quality dan Customer Service Manager Citibank NA. Di Citibank. Sebelum bergabung dengan Citibank, Sondang adalah Training Consultant di Service Quality Centre Indonesia ( SQCI) selama 5 tahun.

Beberapa perusahaan yang telah menjadi kliennya a.l: British American Tobacco, Bank Central Asia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mega, Asuransi Astra Buana, Standard Chartered Bank, Bank Niaga, DBS Bank, BNI, Bank Danamon, Holcim Indonesia , Procon, PT Indomaret, PT Wartsila, PT Indosat, PT. Wijaya Karya, AJ Bringin Life, Sekolah Pangudi Luhur, PT. Arnotts Indonesia , Matahari Putra Prima, PAM Batam, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTT and Medan , Indonesia-Australia Specialized Training Project.

Sondang memperoleh gelar S1 jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan menyelesaikan program S2 di program Pasca Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pendapat Peserta Training Batch IX:

* Good, Lively, Fluent and Interactive – Amrit Melwani, Head of Education PT Monex Futures Investindo
* Sangat bermanfaat, instruktur menguasai materi, tetap energic dalam pemberian materi selama 2 hari – Lucy Lustiani,
Kepala Divisi Layanan PT AJ Inhealtth Indonesia
* Excellent to guide trainer to be a good trainer. The instructor was very good in delivering the topic and very inspiring -Melani, President Director PT Global Saftindo
* Excellent and Perfect Instructor- Hendrikus, Senior Trainer PT Global Saftindo
* Sondang is a Great Trainer – Hendris, Trainer Balai Diklat Tambang Bawah Tanah
* Instruktur menerapkan berbagai contoh – Farid Setiawan, Sales Training Manager PT Otsuka Indonesia
* Energi Instruktur luar biasa – D Hayun , Sales Training Manager PT Otsuka Indonesia
* Pengalaman, penguasaan materi dan audiens oleh Instruktur sangat baik dengan konsistensi yang juga baik –
M Reza Hoesin – External Affairs Head of Bank Danamon

Investasi:
Early Bird, Pembayaran sebelum 15 Juni 2010: Rp 2.500.000
Full fare Rp 2.700.000/peserta

Transfer ke BCA Kelapa Gading, Jakarta
No 6300801704 a.n Tohap P Simanjuntak

Peserta akan mendapatkan:
1. Materi pelatihan yang telah dirancang untuk meningkatkan kompetensi trainer dengan efektif
2. DVD rekaman peserta selama latihan presentasi
3. Buku “Ice Breaker” berbagai jenis permainan / games selama training
4. CD berisi video-video menarik untuk kebutuhan energizer di kelas
5. Sertifikat kepesertaan mengikuti workshop Training For Trainer

Daftar Perusahaan Peserta Train The Trainer dari Service Leadership (Public dan Inhouse Training)

PT Sorini Towa Berlian Corp, Departemen Keuangan, PT Holcim Indonesia, Warbis Rasuna, Commonwealth Life, PT Produksi Bersih Benefita, Putra Property, PT Great Eastern Life Indonesia, PT Daya Adira Mustika, PT Bank Mandiri, PT Bank UOB Buana,PT Bank Mega, PT Bank BNI, PT ANZ Panin Bank, PT Daya Adira Mustika, PT Nokia In Touch, PT Unisem Batam, PT Rentokil Indonesia,PT Panarub Industry,PT Otto Pharmaceutical,PT Monex Investindo Futures,PT Dexa Medica, PT Wyeth Indonesia,PT Aplikanusa Lintas Arta, PT Fitness First, High Scope,PT Wiraswasta Gemilang Indonesia,YPI Semarang, PT Serasi Auto Raya,PT Astra Agro Lestari,The British Institute, PT Wartsila,PT Trans7, PT Indomaret, PT Chingluh,PT Indofood, PT Trans Ice, PT Swakarya Insan Mandiri , PT BRI , PT Indocater, PT Morigan Service / VNZ , Watson Acton, PT Bank ICB Bumiputera, PT ANJ Finance, PT Sodexo, PT Otsuka Indonesia, PT GlobalSaftindo, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia

INFORMASI & REGISTRASI
HP 0812 802 83 52 / 0812 976 68 22
WWW.SERVICELEADERSHIP.WEB.ID
Email : info@serviceleadership.web.id

About Bukik
Aktivis Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: