Konferensi APIO IV

4th APIO International Conference and Exhibition

Strategic roles of I/O psychology in building  creative society

LATAR BELAKANG

Sejauh ini penerapan Psikologi Industri dan Organisasi atau PIO sudah makin diterima pada lingkungan bisnis, industri maupun organisasi. Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi atau APIO sebagai organisasi profesi perlahan tapi pasti mulai menemukan jati diri dan perannya di tengah masyarakat.

Sementara itu kita melihat perkembangan kondisi nyata dalam bidang bisnis, industri dan organisasi yang semakin kompleks, penuh persaingan, dan berubah sangat cepat.  Hal ini dapat dilihat dari maraknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, meningkatnya spirit wirausaha dan persaingan kreativitas, penataan sistem ketenagakerjaan yang dilakukan melalui dialog multipihak, adanya inisiatif reformasi birokrasi di lembaga pemerintahan dan sebagainya. Selain itu, sumber daya alam juga semakin terbatas, walau disisi lain juga diimbangi dengan kesadaran akan pemanasan global. Semua perubahan dan perkembangan yang terjadi ini terkait langsung maupun tidak langsung dengan peran psikologi I/O.

Keadaan ini merupakan tantangan bagi profesi Psikologi Industri dan Organisasi. Untuk itu diperlukan perintisan kreasi dan  pendekatan  yang inovatif, baik dalam hal instrumen, modul, dan berbagai teknik untuk dapat diterapkan dalam konteks pengembangan organisasi. Kita perlu membuat loncatan lebih jauh, demi kemajuan bagi profesi maupun bagi bangsa kita tercinta, Indonesia – dengan mengedapankan kajian, praktek, maupun aplikasi kreatif dalam bidang I/O. Oleh karena itu, konferensi dan pameran APIO IV ini mengambil tema “Strategic roles of I/O psychology in building creative society”.

Konferensi dan pameran APIO IV ini diharapkan merupakan ajang perjumpaan dalam mengembangkan kajian, praktek dan aplikasi kreatif di bidang I/O di antara para praktisi, psikolog, ilmuwan psikologi IO, maupun pelaku bisnis.  Para pihak dapat mensharingkan ide, praktek terbaik dan karya kreatif mengenai alat ukur psikologi, modul training, modul coaching, modul pengembangan, modul intervensi perubahan organisasi, dan karya-karya lain yang berbasis pada kajian Psikologi Industri dan Organisasi.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Menjadi ajang sharing ide, pengalaman, karya kreatif dan hasil penelitian diantara para praktisi, psikolog, ilmuwan dan mahasiswa psikologi industri dan organisasi, pelaku bisnis serta masyarakat umum yang tertarik pada bidang PIO.
  2. Membangun jejaring di antara para pihak dalam dunia industri dan organisasi untuk menciptakan kerja sama dalam rangka mengembangkan karya kreatif yang berdampak positif pada masyarakat Indonesia
  3. Membangun komitmen dan rasa memiliki dari anggota APIO untuk mengembangkan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO)
  4. Mengungkap rasa kepedulian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan berupa penanaman mangrove di Surabaya timur, pelatihan kepada pelaku UKM, dan pemberian beasiswa (skripsi) bagi mahasiswa PIO yang kurang mampu.

WAKTU DAN TEMPAT

Kampus C Gedung Rektorat Universitas Airlangga Surabaya, hari Jumat – Minggu,  tanggal 12 – 14 November 2010

PESERTA

  • Praktisi dari dunia industri, bisnis dan organisasi
  • Psikolog Praktisi IO
  • Dosen dan Ilmuwan Psikologi IO
  • Mahasiswa S1, S2 dan S3 Psikologi IO khususnya
  • Masyarakat umum yang tertarik dengan dunia industri, bisnis dan organisasi

KEGIATAN-KEGIATAN

Konferensi terdiri dari beberapa kegiatan yaitu:

A. Diskusi Panel

Ajang inseminasi pemikiran-pemikiran terkait peran strategis Psikologi Industri dan Organisasi dalam membangun masyarakat kreatif. Dalam seminar ini akan dibahas pengembangan bisnis dan organisasi oleh para praktisi:

  1. Pemilik PT. Duta Graha Indonesia
  2. Direktur Utama PT. Biofarma
  3. Direktur PT. Pembangunan Perumahan
  4. Dewan Pakar APIO

B. Seminar Internasional

Prof. Dr. Hora Tjitra – Unlocking Innovation in China

C. Pameran Karya Kreatif Psikologi IO

Ajang ini memberi kesempatan para pihak untuk menampilkan dan mempromosikan karya kreatif mereka yang terkait di bidang psikologi industri dan organisasi. Karya kreatif  dapat berupa alat ukur psikologi, alat ukur dalam kaitan dengan ‘organizational assessment’, modul training, modul coaching, modul intervensi pengembangan/perubahan organisasi,  serta karya-karya lain yang berbasis pada kajian Psikologi Industri dan Organisasi.

Karya-karya tersebut akan dipublikasikan dalam Katalog APIO.

D. Presentasi Ide Kreatif dan Karya Ilmiah

Ajang ini memberi kesempatan kepada parapihak untuk mempresentasikan kreativitas baik berupa ide kreatif, kajian, dan karya.

Keluaran dari kegiatan ini adalah Proceeding APIO.

E. Wisata Kuliner

Ajang konsolidasi selera yang berupa makan malam di tempat-tempat tujuan wisata kuliner bagi yang berminat menikmati makanan khas Surabaya atau Jawa Timur.

F. Tour Surabaya Heritage

Ajang menstimulasi hasrat berkreasi melalui perjalanan menuju tempat-tempat memikat di Surabaya dan sekitarnya, seperti: House of Sampoerna, Jembatan Suramadu, Belanja Batik Madura dsb.

G. Pameran dan penjualan produk-produk UKM khas Jawa Timur

Berbagai produk khas UKM berupa makanan seperti sirup mangrove, Javanese cereal, crunchy soybean, crunchy jackfruit dan batik mangrove serta batik Madura.

H. Kongres APIO

Ajang konsolidasi organisasi demi pemantapan dan pengembangan organisasi Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO)

Brosur silahkan unduh di Brosur Konferensi IV APIO

About Bukik
Aktivis Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: