Simposium Nasional APIO 2011







Difficult People

Certainly difficult people will give you a bad time, horrible situation and awkward issues to overcome. Difficult people are most likely to be selfish and inwardly focused. The won’t give a toss about you. For them, it’s all about them.

Difficult people: they’re those people you can’t stand and who don’t do what you want them to do or do what you don’t want them to do-and you don’t know what to do about them!

Suatu perusahaan tentu akan berupaya secara maksimal untuk mencapai tujuanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan sumber daya yang dimilikinya, baik sumber daya alam, material, finansial, maupun manusia. Sumber daya manusia merupakan sumber daya utama yang penting bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap aktivitas perusahaan.

Peranan yang dilakukan oleh anggota organisasi tidak selalu berjalan beriringan. Terkadang peranan salah satu bagian bertentangan dengan bagian lainnya. Hal inilah yang seringkali menimbulkan konflik. Keadaan inilah yang kemudian harus mendapatkan penanganan agar tidak menimbulkan efek yang lebih besar. Salah satu cara menanganinya adalah dengan mengelola pihak-pihak yang terlibat dalam perselisihan. Hanya saja, penyelesaian masalah tersebut seringkali menemui masalah karena pihak yang terkait konflik tidak mudah dikendalikan.

Mengelola manusia dalam suatu perusahaan merupakan sesuatu yang sulit dan kompleks, karena mereka memiliki perasaan, status, keinginan, dan latar belakang yang berbeda-beda. Manusia sebagai karyawan tidak hanya digunakan sebagai alat dalam mencapai tujuan melainkan sebagai makhluk sosial yang unik dengan sifatnya yang khas dan memiliki beberapa kebutuhan. Ada karyawan dalam perusahaan yang sangat bisa diatur namun di satu sisi ada pula karyawan yang sulit untuk diatur.

Keadaan ini merupakan tantangan bagi profesional Psikologi Industri dan Organisasi. Kemampuan dalam memanajemen orang-orang dalam organisasi terutama yang tidak mudah untuk diatur menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang Psikolog I/O. Kondisi tersebut yang mendasari diselenggarakannya simposium nasional sehari (one day symposium) APiO V dengan tema “How to Manage Difficult People in Industry and Organization“.

Seminar sehari APIO V ini diharapkan menjadi ajang pertemuan dalam mengembangkan kajian dan praktek yang aplikatif di bidang I/O di antara para praktisi, psikolog, ilmuwan psikologi I/O, maupun pelaku bisnis. Para pihak dapat saling berbagi pengalaman serta ide yang solutif dan aplikatif mengenai sumber daya manusia yang berbasis pada kajian psikologi industri dan organisasi.

Leave a comment